Langsung ke konten utama

Membaca Buku di Smartphone, Mengapa Tidak?

Tahukah Anda bila Elon Musk dan banyak orang super sibuk lainnya kini membaca buku di smartphone? Ya, mengapa tidak Anda tiru? Membaca buku di smartphone memberi banyak keuntungan.
Berikut keuntungan yang akan Anda dapatkan.
1. Dapat membaca di mana saja. Smartphone Anda selalu di genggaman, di kantong, atau di sisi Anda. Dengan menggunakan smartphone, tidak ada alasan tidak dapat membaca karena kelupaan atau keberatan membawa buku.
2. Dapat membaca kapan saja. Karena selalu bersama Anda, smartphone memungkinkan Anda membaca kapan saja. Selagi menunggu, di sela-sela rapat, terjebak macet, atau saat-saat tak terduga lainnya, meski hanya 5-10 menit. Ketimbang mengecek status di media sosial atau bermain games, lebih bermanfaat membaca buku.
3. Mudah Dibawa. Smartphone jauh lebih ringan dan mungil dibandingkan buku fisik. Smartphone juga lebih portabel dibandingkan gadget lain, seperti ereader atau tablet. Anda pasti dapat menaruh smartphone di saku Anda. Dapatkah Anda melakukan hal serupa pada buku (cetak) atau tablet Anda?
4. Perpustaan dalam genggaman. Terkait dengan poin di atas, ponsel model sekarang -dengan kapasitas penyimpanan yang dapat memuat ribuan, bahkan ratusan ribu buku-  memungknkan Anda membawa jauh lebih banyak buku. Anda punya banyak pilihan. Anda tidak akan pernah bosan atau bingung ketika bacaan Anda sudah habis. Perpustakaan pribadi Anda kini berpindah ke genggaman Anda. Bandingkan dengan buku fisik yang hanya dapat Anda bawa satu atau dua eksemplar.
5. Privasi. Tak ada orang yang akan tahu bila apa yang sedang Anda baca merupakan sesuatu yang subversif, tak senonoh, atau 'berbahaya'. Paling mereka pikir Anda sedang mengecek  status di Facebook atau Twitter. Bandingkan bila Anda membaca buku fisik. Semua orang akan mencap Anda kutu buku. Mereka akan melirik apa yang Anda baca, dan terbelalak ketika mengetahuinya.
Dengan banyak kelebihan tersebut, masihkah Anda tidak mau mencoba membaca buku menggunakan smartphone? Mungkin, tinggal satu lagi pertanyaan tersisa di benak Anda: 'Bagaimana caranya dengan nyaman membaca buku di smartphone?'
Silakan klik link ini untuk mendapatkan jawabannya. ■(Donny HF)

Komentar