Langsung ke konten utama

Mengenal Jenis-Jenis EPUB Reader

Sesuai perkembangan teknologi, buku kini tidak hanya berupa buku fisik. Tersedia pula buku elektronik (ebook). Untuk membaca ebook, kita memiliki sejumlah pilihan:  PDF reader, MOBI reader, dan EPUB reader.
PDF reader dipakai untuk membaca file atau ebook berformat PDF. Adapun MOBI reader dipakai untuk file MOBI keluaran Amazon, sedangkan EPUB reader dipakai untuk file EPUB. Baik Google Play Store maupun iTunes Store (Apple) menggunakan format EPUB.
Ada pula EPUB reader yang dapat berfungsi sebagai MOBI reader. sehingga tidak perlu lagi mengunduh MOBI reader.
Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari PDF maupun EPUB, silakan baca artikel ini.
Berikut sejumlah EPUB reader yang dapat Anda unduh dari Google Play Store.
1. Google Play Buku. Jika mengunduh dari Google Play Store, mungkin ini default readernya. Google Play Buku dapat pula dipakai untuk mendengarkan buku audio (audiobook).
2. eReader Prestigio. Merupakan reader favorit saya karena tidak hanya EPUB, melainkan juga dapat membaca MOBI dan beragam jenis file lainnya. Seperti Google Play Buku, dapat pula untuk mendengarkan buku audio. Menurut saya, kekuranganya cuma satu: tidak bisa me-render font berwarna. Jadi kalau ebooks-nya menggunakan berbagai warna untuk teksnya, yang dapat kita lihat hanya teks hitam-putih.
3. Lithium. EPUB reader ini bisa mengatur margin dan jarak antarbaris, di samping ukuran dan penjajaran teks. Lithium bisa me-render font berwarna. Namun, reader ini tidak bisa dipakai untuk membaca file jenis MOBI.
4. Reasily. Mirip dengan Lithium, Reasily bisa mengatur margin dan  jarak antarbaris, di samping ukuran dan penjajaran teks. Reasily juga bisa me-render font berwarna, namun tidak bisa untuk MOBI.
Itulah sejumlah EPUB reader yang populer. Dan masih banyak lagi EPUB reader yang dapat Anda unduh gratis di Google Play Store.
Jadi, tunggu apa lagi? Pilih reader yang paling sesuai dengan kebutuhan dan selera  Anda. Dan mulailah menikmati ebook Anda. ■(Donny HF)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membaca Buku di Smartphone, Mengapa Tidak?

Tahukah Anda bila Elon Musk dan banyak orang super sibuk lainnya kini membaca buku di smartphone? Ya, mengapa tidak Anda tiru? Membaca buku di smartphone memberi banyak keuntungan. Berikut keuntungan yang akan Anda dapatkan. 1. Dapat membaca di mana saja . Smartphone Anda selalu di genggaman, di kantong, atau di sisi Anda. Dengan menggunakan smartphone, tidak ada alasan tidak dapat membaca karena kelupaan atau keberatan membawa buku. 2. Dapat membaca kapan saja . Karena selalu bersama Anda, smartphone memungkinkan Anda membaca kapan saja. Selagi menunggu, di sela-sela rapat, terjebak macet, atau saat-saat tak terduga lainnya, meski hanya 5-10 menit. Ketimbang mengecek status di media sosial atau bermain games , lebih bermanfaat membaca buku. 3. Mudah Dibawa . Smartphone jauh lebih ringan dan mungil dibandingkan buku fisik. Smartphone juga lebih portabel dibandingkan gadget lain, seperti ereader atau tablet. Anda pasti dapat menaruh smartphone di saku Anda. Dapatkah Anda melakukan h